Rabu, 27 Juni 2012

Phase II: Spacewar to Atari


Titik balik dari perkembangan industri permainan muncul di sekitar tahun 1960 ketika itu Steve Russell, seorang pelajar MIT, membentuk sebuah sandi sederhana pada permainan yang membutuhkan dua orang pemain pada digital PDP-I di komputer mini. Permainan ini dikenal sebaga Spacewar, permainan ini memperlihatkan dua bentuk ruang angkasa dalam satu layar. Dimana setiap ruang angkasa dapat bergerak secara menyamping sambil menyerang pemain lain. permainan ini mempergunakan teknologi baru dan di dalamnya terdapat

·         Kompetisi antar lawan
·         Peraturan tentang cara bertindak/bermain
·         Syarat dan kondisi memperoleh kemenangan

Sebenarnya struktur permainan ini tidak jauh berbeda dengan permainan tradisional lainnya seperti catur. Perbedaan utama hanya terdapat teknologi yang digunakan. Seiring berjalannya waktu, teknologi ini terus berkembang semakin maju dan kompleks sehingga permainan yang lahir pun berkembang semakin kaya dan unik. Kemudian untuk struktur aturan yang ada, kurang lebih sama.

Pada pembahasan kali ini, kita akan coba memfokuskan pembahasan pada dua pelopor industri yang terinspirasi akan konsep elegan ini. Pertama ialah Nolan Bushnell. Ia menunjukkan ketertarikannya pada permainan saat sedang menjalankan studi tekniknya di Utah University. Nolan melihat permainan komputer, Spacewar, layaknya sebuah arcade games, dimana seseorang perlu membayar terlebih dahulu untuk dapat bermain setiap permainannya. Beberapa tahun mendatang, gambarannya tersebut akan terwujud ketika dia berhasil menemukan Atari dan menciptakan koin pertama yang dapat dioperasikan di mesin.

Setelah mengamati Spacewar, Bushnell mulai bekerja di suatu tempat dimana nantinya ia mempersembahkan sebuah mesin dimana permainan yang ada dapat dimainkan. Permainan pertamanya sebelum Atari ialah Computer Space, yang juga merupakan versi awal dari Space war yang ia bentuk menjadi perangkat keras dan menghubungkannya ke televisi. Nantinya ide tentang Computer space ini dibeli oleh sebuah perusahan arcade games bernama Nutting Associates, yang juga mempekerjakan Bushnell sendiri untuk mengurus dan mengawasi produksi yang ada. Pada tahun 1971, 1500 mesin Computer space diproduksi dan dipasang di Amerika Serikat, namun ternyata para pemain merasa mesin tersebut sulit untuk dioperasikan sehingga menimbulkan sambutan yang kurang hangat di masyarakat. Atas hal tersebutlah, Bushnell meninggalkan Nutting dan mencoba menciptakan ide baru dalam permainan. Akhirnya, ia membentuk Atari di tahun 1972 bersama dengan Ted Dabney, dimana nama permainan tersebut diambil dari nama sebuah permainan Jepang, yaitu Go. Pergerakan permainan Atari ini hampir sama dengan permainan catur.

Kemudian, disisi lain ada Ralph Baer yang juga merupakan perintis permainan dalam layar televisi dari tahun 1950an. Pada tahun 1966, ia telah meninggalkan Loral dan bekerja untuk Sanders Associates, sebuah kontraktor tentara. Ia diberikan kebebasan untuk dapat meneliti dan mengembangkan idenya yang berkaitan dengan perangkat televisi, yang nantinya ia patenkan di tahun 1968. Ralph Baer melihat permainan elektronik sebagai cara lain untuk menggunakan perangkat televisi, nantinya ia berhasil menciptakan dua permainan dasar (catur dan tenis) yang dapat dimainkan di layar televisi. Pada tahun 1970, perusahaan Magnavox memberikan izin atas teknologi yang diciptakan oleh Baer ini. Di bawah bimbingan Baer, pengembangan permainan elektronik pun dimulai. Akhirnya pengembangan dan penelitian yang ada akan melahirkan Magnavox Odyssey di tahun 1972, merupakan tahun yang sama dimana Atari muncul.

Di akhir 1972, bisnis permainan elektronik menguasai dunia. Permainan Atari pertama, Pong, sangat laku ditingkat lokal dan menjadi salah satu contoh permainan mesin koin pertama yang sukses. Dalam dua minggu saja, mesin Pong di California pecah karena banyaknya koin yang terkumpul di dalamnya. Hal tersebut menjadi sesuatu yang sulit dipercaya bagi Bushnell. Pada waktu yang bersamaan, Magnavox juga berhasil menjual 100,000 unit Odyssey. Peningkatan tersebut tentunya berdasarkan penjualan dan laporan dari toko resmi Magnavox.

Di periode ini, dua bisnis yang berbeda bentuk bermunculan, yaitu ada arcade games dimana untuk memainkannya harus membayar terlebih dahulu, dan disisi lain ada permainan yang berbasis sistem rumah, yaitu permainan dibeli terlebih dahulu dan nantinya dapat dimainkan berulang kali. Keduanya terus dikembangkan dan masih hidup hingga saat ini. Tren ketiga dari bentuk permainan yang ada belum bermunculan, mungkin saja permainan yang ada nantinya tidak perlu untuk dimainkan menggunakan perangkat keras lagi.  

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting | Top Hosting | Great HTML Templates from easytemplates.com.