Pengertian Internet
Internet (singkatan dari interconnected-networking) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.
Internet telah merevolusi dunia komputer dan komunikasi seperti apa-apa sebelumnya. Penemuan telegraf, telepon, radio, dan komputer dipasang panggung untuk integrasi ini belum pernah terjadi sebelumnya kemampuan. Internet adalah sekaligus kemampuan penyiaran di seluruh dunia, sebuah mekanisme untuk penyebaran informasi, dan media untuk kolaborasi dan interaksi antara individu dan komputer mereka tanpa memperhatikan lokasi geografis. Internet merupakan salah satu contoh yang paling sukses manfaat investasi berkelanjutan dan komitmen untuk penelitian dan pengembangan infrastruktur informasi.
Dimulai dengan penelitian packet switching awal, pemerintah, industri dan akademisi telah menjadi mitra dalam mengembangkan dan menyebarkan teknologi baru yang menarik. Hari ini, istilah seperti "bleiner@computer.org" dan "http://www.acm.org" perjalanan ringan dari lidah orang acak di jalanan. Hal ini dimaksudkan untuk menjadi singkat, tentu sepintas dan tidak lengkap sejarah. Banyak materi yang saat ini ada tentang internet, meliputi sejarah, teknologi, dan penggunaan. Sebuah perjalanan ke hampir toko buku apapun akan menemukan rak-rak bahan tertulis tentang Internet.
Ada evolusi teknologi yang dimulai dengan penelitian awal switching paket dan ARPANET (dan teknologi yang terkait), dan di mana penelitian saat ini terus memperluas cakrawala infrastruktur di sepanjang beberapa dimensi seperti skala, kinerja, dan fungsionalitas lebih tinggi. Ada operasi dan aspek pengelolaan infrastruktur operasional global dan kompleks.Ada aspek sosial, yang mengakibatkan masyarakat luas Internauts bekerja sama untuk menciptakan dan berkembang teknologi. Dan ada aspek komersialisasi, menghasilkan transisi sangat efektif hasil riset suatu infrastruktur informasi secara luas digunakan dan tersedia. Hari ini internet merupakan infrastruktur informasi luas, prototipe awal dari apa yang sering disebut National (atau Global atau Galactic) Infrastruktur Informasi. Sejarahnya rumit dan melibatkan banyak aspek - teknologi, organisasi, dan masyarakat. Dan pengaruhnya mencapai tidak hanya untuk bidang teknik komunikasi komputer tetapi seluruh masyarakat kita bergerak ke arah meningkatnya penggunaan alat-alat online untuk mencapai perdagangan elektronik, perolehan informasi, dan operasi masyarakat.
Asal Usul Internet
Sebuah rekaman pertama dari interaksi sosial yang dapat diaktifkan melalui jaringan adalah serangkaian memo yang ditulis oleh JCR Licklider dari MIT pada Agustus 1962 membahas nya "Galactic Network" konsep. Dia memiliki visi sebuah global saling berhubungan set komputer dimana setiap orang bisa dengan cepat mengakses data dan program dari situs manapun. Dalam semangat, konsep itu sangat mirip dengan internet hari ini. Licklider adalah pimpinan pertama riset program komputer dari projek DARPA, 4 yang dimulai bulan Oktober 1962. Sementara di DARPA dia meyakinkan penggantinya di DARPA, Ivan Sutherland, Bob Taylor, dan peneliti MIT Lawrence G. Roberts, tentang pentingnya konsep jaringan.
Leonard Kleinrock di MIT mempublikasikan makalah pertama tentang teori packet switching pada bulan Juli 1961 dan buku pertama tentang hal ini pada tahun 1964. Kleinrock meyakinkan Roberts dari kelayakan teoritis komunikasi menggunakan paket daripada sirkuit, yang merupakan langkah besar sepanjang jalan menuju jaringan komputer. Langkah penting lainnya adalah untuk membuat komputer berbicara bersama. Untuk mengeksplorasi ini, pada tahun 1965 bekerjasama dengan Thomas Merrill, Roberts menghubungkan TX-2 komputer di Mass dengan Q-32 di California dengan kecepatan rendah dial-up line telepon membuat jaringan (namun kecil) pertama yang luas yang pernah komputer dibangun. Hasil penelitian ini adalah kesadaran bahwa komputer waktu-berbagi bisa bekerja sama dengan baik, menjalankan program dan mengambil data yang diperlukan pada mesin remote, tetapi bahwa rangkaian beralih sistem telepon benar-benar tidak memadai untuk pekerjaan itu. Hipotesis Kleinrock akan kebutuhan packet switching dikonfirmasi.
Pada tahun 1966 Roberts pergi ke DARPA untuk mengembangkan konsep jaringan komputer dan dengan cepat merumuskan rencananya untuk ARPANET, yang dipublikasikan pada tahun 1967. Pada konferensi dimana dia harus mempresentasikan kertas, ada juga sebuah makalah tentang konsep paket jaringan dari Inggris oleh Donald Davies dan Roger Scantlebury dari NPL. Scantlebury mengatakan pada Roberts tentang pekerjaan NPL sebaik seperti yang dilakukan oleh Paul Baran dan lainnya di RAND. Kelompok RAND telah menulis makalah tentang packet switching jaringan untuk suara aman dalam militer tahun 1964. Itu terjadi bahwa bekerja di MIT (1961-1967), di RAND (1962-1965), dan di NPL (1964-1967) memiliki semua berjalan secara paralel tanpa ada para peneliti mengetahui tentang pekerjaan lain. Kata "paket telah diadopsi dari hasil kerja kelompok NPL dan kecepatan garis yang diusulkan untuk digunakan dalam desain ARPANET ditingkatkan dari 2,4 kbps sampai 50 kbps.
Pada bulan Agustus 1968, setelah Roberts dan penyandang dana projek DARPA merevisi semua struktur dan spesifikasi ARPANET, sebuah RFQ dirilis DARPA untuk pengembangan salah satu komponen kunci, paket switch disebut Interface Message Processors (IMP's). The RFQ dimenangkan pada bulan Desember 1968 oleh sebuah kelompok yang dipimpin oleh Frank Heart di Bolt Beranek dan Newman (BBN). Sebagai tim dari BBN yang mengerjakan IMP's, Bob Kahn memerankan peran utama dalam desain arsitektur ARPANET, topologi dan ekonomi jaringan didesain dan dioptimasi oleh Roberts bersama Howard Frank dan timnya dari Network Analysis Corporation, dan sistem pengukuran jaringan disusun oleh tim pimpinan Kleinrock di UCLA.
Karena perkembangan awal Kleinrock tentang paket switching teori dan fokus pada analisis, desain dan pengukuran, ia Jaringan Pengukuran Center di UCLA dipilih untuk menjadi node pertama pada ARPANET. Semua ini datang bersama-sama pada bulan September 1969 ketika BBN memasang IMP pertama di UCLA dan host komputer pertama terhubung. Proyek Doug Engelbart mengenai "Augmentation Akal Manusia" (yang termasuk NLS, sistem hypertext awal) di Stanford Research Institute (SRI) memberikan node kedua. SRI mendukung Network Information Center, dipimpin oleh Elizabeth (Jake) Feinler dan fungsi termasuk seperti memelihara tabel nama host ke alamat pemetaan serta direktori RFC's. Satu bulan kemudian, ketika SRI telah tersambung ke ARPANET, yang pertama pesan host-to-host telah dikirimkan dari laboratorium Kleinrock ke SRI. Dua node lainnya segera dibangun di UC Santa Barbara dan University of Utah. Dua node terakhir ini didirikan proyek aplikasi visualisasi, dengan Glen Culler dan Burton Fried di UCSB bertugas mencari metoda untuk menampilkan fungsi-fungsi matematika mempergunakan "storage displays untuk menangani masalah refresh melewati net, dan Robert Taylor dan Ivan Sutherland di Utah menyelidiki metode 3 -D representasi melewati net. Dengan demikian, pada akhir tahun 1969, empat komputer host yang terhubung bersama-sama ke ARPANET awal, dan Internet pemula adalah dari tanah. Bahkan pada tahap awal ini, perlu dicatat bahwa penelitian jaringan memasukkan kedua bekerja pada jaringan yang mendasari dan bekerja pada bagaimana memanfaatkan jaringan. Tradisi ini berlanjut hingga hari ini.
Komputer ditambahkan cepat untuk ARPANET selama tahun-tahun berikutnya, dan bekerja terus pada menyelesaikan fungsional yang lengkap Host-to-Host protocol dan software jaringan lainnya. Pada bulan Desember 1970 Jaringan Kelompok Kerja (KKN) yang bekerja dibawah S. Crocker menyelesaikan inisial ARPANET Host-to-Host protocol, disebut Network Control Protocol (NCP). Sebagai situs ARPANET selesai melaksanakan NCP selama periode 1971-1972, pengguna jaringan akhirnya bisa mulai mengembangkan aplikasi.
Pada Oktober 1972 Kahn mengadakan demonstrasi, besar sangat sukses ARPANET di International Computer Communication Conference (ICCC). Ini adalah demonstrasi publik pertama dari teknologi jaringan baru kepada masyarakat. Itu juga pada tahun 1972 bahwa awal "panas" aplikasi, surat elektronik, diperkenalkan. Pada bulan Maret Ray Tomlinson di BBN menulis pesan email dasar mengirim dan membaca perangkat lunak, didorong oleh kebutuhan para pengembang ARPANET untuk sebuah mekanisme koordinasi yang mudah. Pada bulan Juli, Roberts utilitas diperluas dengan menulis program email utility pertama ke dalam daftar, selektif membaca, file, forward, dan merespon pesan. Dari email ada melepas sebagai aplikasi jaringan terbesar untuk lebih dari satu dekade. Ini merupakan pertanda dari jenis kegiatan kita lihat di World Wide Web saat ini, yaitu, pertumbuhan yang besar dari segala macam "orang-ke-orang" lalu lintas.
The Internetting Konsep Awal Asli ARPANET tumbuh menjadi Internet. Internet didasarkan pada gagasan bahwa akan ada jaringan independen beberapa desain agak sewenang-wenang, dimulai dengan ARPANET sebagai perintis packet switching jaringan, tetapi segera untuk menyertakan jaringan paket satelit, jaringan paket berbasis darat radio dan jaringan lain. Internet seperti yang kita ketahui sekarang ini mewujudkan ide teknis utama yang mendasari, yaitu bahwa dari jaringan arsitektur terbuka. Dalam pendekatan ini, pilihan teknologi jaringan setiap individu tidak ditentukan oleh arsitektur jaringan tertentu, tetapi dapat dipilih secara bebas oleh penyedia dan dibuat untuk interwork dengan jaringan lain melalui tingkat-meta "Internetworking Architecture". Sampai saat itu hanya ada satu metoda umum untuk menggabungkan jaringan. Ini adalah metode switching sirkuit tradisional di mana jaringan akan interkoneksi di tingkat sirkuit, melewati bit individual secara synchronous sepanjang bagian dari rangkaian end-to-end antara sepasang lokasi akhir. Ingat bahwa Kleinrock pada tahun 1961 telah menunjukkan bahwa packet switching adalah metode switching lebih efisien. Seiring dengan packet switching, pengaturan interkoneksi khusus tujuan antara jaringan yang kemungkinan lain. Sementara ada cara-cara terbatas lainnya untuk saling behubungan jaringan yang berbeda, mereka membutuhkan yang satu digunakan sebagai komponen dari yang lain, daripada bertindak sebagai rekan yang lain dalam menawarkan layanan end-to-end.
Dalam sebuah jaringan terbuka-arsitektur, jaringan individual dapat dirancang dan dikembangkan secara terpisah dan masing-masing mungkin memiliki antarmuka yang unik yang dapat menawarkan kepada pengguna dan / atau penyedia lainnya. termasuk penyedia layanan Internet lainnya. Setiap jaringan dapat didesain sesuai dengan lingkungan spesifik dan kebutuhan pengguna jaringan itu. Ada umumnya tidak ada kendala pada jenis jaringan yang dapat dimasukkan atau cakupan geografis mereka, meskipun pertimbangan pragmatis tertentu akan mendikte apa yang masuk akal untuk ditawarkan.
Ide-arsitektur jaringan terbuka pertama kali diperkenalkan oleh Kahn tak lama setelah tiba di DARPA pada tahun 1972. Karya ini awalnya bagian dari program radio paket, tetapi kemudian menjadi program tersendiri di dalam dirinya sendiri. Pada saat itu, program ini disebut "Internetting". Kunci untuk membuat sistem kerja radio paket adalah sebuah protokol end handal yang dapat menjaga komunikasi yang efektif dalam menghadapi jamming dan interferensi radio lainnya, atau menahan blackout intermiten seperti yang disebabkan oleh berada di terowongan atau diblokir oleh daerah setempat. Kahn pertama dimaksud mengembangkan protokol lokal hanya ke jaringan paket radio, karena itu akan menghindari harus berurusan dengan banyak sistem operasi yang berbeda, dan terus menggunakan NCP.
Namun, NCP tidak memiliki kemampuan untuk alamat jaringan (dan mesin) lebih hilir daripada suatu tujuan IMP di ARPANET dan dengan demikian mengubah beberapa NCP juga akan diperlukan. (Asumsi adalah bahwa ARPANET tidak berubah dalam hal ini). NCP mengandalkan ARPANET untuk menyediakan reliabilitas end-to-end. Jika ada paket hilang, protokol (dan mungkin aplikasi itu didukung) akan datang berhenti grinding. Dalam model ini NCP tidak memiliki kontrol end host kesalahan, karena itu ARPANET menjadi jaringan saja ada dan itu akan sangat handal yang tidak memiliki kontrol kesalahan akan diperlukan pada bagian host.
Dengan demikian, Kahn memutuskan untuk mengembangkan sebuah versi baru protokol yang dapat memenuhi kebutuhan lingkungan jaringan terbuka-arsitektur. Protokol ini akhirnya akan disebut Transmission Control Protocol / Internet Protocol (TCP / IP). Sedangkan NCP cenderung bertindak seperti device driver, protokol baru akan lebih seperti sebuah protokol komunikasi.
Empat aturan dasar yang penting untuk berpikir awal Kahn:
- Setiap jaringan yang berbeda harus berdiri sendiri dan tidak ada perubahan internal bisa diminta untuk setiap jaringan tersebut dapat terhubung ke Internet.
- Komunikasi akan berada di dasar usaha terbaik. Jika sebuah paket tidak berhasil ke tujuan akhir, maka tak lama akan dipancarkan kembali dari sumbernya.
- Black box akan digunakan untuk menghubungkan jaringan; ini kemudian akan disebut gateway dan router. Tidak akan ada informasi yang disimpan oleh gateway tentang arus paket individu melewati mereka, dengan demikian menjaga mereka sederhana dan menghindari adaptasi rumit dan pemulihan dari berbagai mode kegagalan.
- Tidak akan ada kontrol global pada tingkat operasi.
- Algoritma untuk mencegah paket hilang dari permanen mematikan komunikasi dan memungkinkan mereka untuk menjadi berhasil dipancarkan dari sumber.
- Menyediakan untuk host to host "pipelining" sehingga beberapa paket bisa enroute dari ke tujuan pada kebijaksanaan tuan rumah articipating, jika jaringan menengah mengijinkannya.
- Fungsi Gateway untuk memungkinkan untuk meneruskan paket tepat. Ini termasuk menafsirkan IP header untuk routing, penanganan interface, melanggar paket menjadi potongan-potongan yang lebih kecil jika perlu, dll
- Kebutuhan checksum akhir-akhir, reassembly paket dari fragmen dan deteksi duplikasi, jika ada.
- Kebutuhan untuk mengatasi global
- Teknik untuk host to host flow control.
- Interfacing dengan berbagai macam sistem operasi
- Ada juga masalah lain, seperti efisiensi pelaksanaan, kinerja internetwork, namun ini adalah pertimbangan sekunder pada awalnya. Kahn mulai bekerja pada sebuah komunikasi yang berorientasi set prinsip-prinsip sistem operasi sementara pada BBN dan didokumentasikan beberapa pikiran awal dalam sebuah memorandum internal BBN berjudul "Communications Prinsip Sistem Operasi". Pada titik ini ia menyadari bahwa akan diperlukan untuk mempelajari detail implementasi dari setiap sistem operasi memiliki kesempatan untuk menanamkan setiap protokol baru secara efisien. Dengan demikian, pada musim semi tahun 1973, setelah memulai usaha Internetting, ia bertanya Vint Cerf (kemudian di Stanford) untuk bekerja dengan dia pada desain rinci protokol. Cerf sudah erat terlibat dalam desain dan pengembangan NCP asli dan sudah memiliki pengetahuan tentang interfacing ke sistem operasi yang ada. Jadi bersenjata dengan pendekatan arsitektur Kahn ke sisi komunikasi dan dengan pengalaman Cerf NCP, mereka bekerjasama untuk menguraikan rincian dari apa yang menjadi TCP / IP. Memberi dan menerima sangat produktif dan versi tertulis pertama 7 dari pendekatan yang dihasilkandidistribusikan pada pertemuan khusus International Network Working Group (INWG) yang telah didirikan di sebuah konferensi di Sussex University pada bulan September 1973. Cerf telah diundang untuk kursi kelompok ini dan menggunakan kesempatan itu untuk mengadakan rapat anggota INWG yang berat diwakili pada Konferensi Sussex.
Internet pada saat ini
Internet dijaga oleh perjanjian bi- atau multilateral dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian). Protokol-protokol ini dibentuk berdasarkan perbincangan Ineternet Engineering Task force(IETF), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC (Request for Comments). Sebagian dari RFC dijadikan Standar Internet (Internet Standard), oleh Badan Arsitektur Internet (Internet Architecture Board - IAB). Protokol-protokol internet yang sering digunakan adalah seperti,IP , TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS,SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL.
Beberapa layanan populer di internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email/surat elektronik , Usenet , Newsgroup, File Sharing , WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di antara semua ini, email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog. Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog , Pidgin, Trilian , Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messenger dan Windows Live Messenger.
Beberapa servis Internet populer yang berdasarkan sistem Tertutup(Proprietary System), adalah seperti IRC,ICQ, AIM, CDDB, dan Gnutella.
Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran(decentralization) / pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrim. Perkembangan Internet juga telah mempengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet. Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce. Terkait dengan pemerintahan, Internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-goverment.
Sama seperti halnya sebuah komunitas, Internet juga mempunyai tata tertib tertentu, yang dikenal dengan nama Nettiquette .
Terdapat kebimbangan masyarakat tentang Internet yang berpuncak pada beberapa bahan kontroversi di dalamnya. Pelanggaran hak cipta, pornografi, pencurian identitas, dan ucapan benci adalah biasa dan sulit dijaga. Pada pertengahan tahun 2008, DPR meratifikasi UU Informasi dan Transaksi Elektronik yang merupakan salah satu tonggak Cyberlaw Indonesia. Internet juga disalahkan oleh sebagian orang karena dianggap menjadi sebab kematian. Brandon Vedas meninggal dunia akibat pemakaian narkotik yang melampaui batas dengan teman-teman chatting IRCnya memberi semangat. Shawn Woolley bunuh diri karena ketagihan dengan permainan online, Everquest. Brandes ditikam bunuh, dan dimakan oleh Armin Meiwessetelah menjawab iklan dalam internet.
Negara dengan akses internet yang terbaik termasuk Korea Selatan (50% daripada penduduknya mempunyai akses jalurlebar - Broadband), dan Swedia. Terdapat dua bentuk akses internet yang umum, yaitu dial-up, dan jarul lebar. Di Indonesia, seperti negara berkembang dimana akses Internet dan penetrasi PC masih juga rendahlainnya sekitar 42% dari akses Internet melalui fasilitas Public Internet akses seperti warnet , cybercafe, hotspot dll. Tempat umum lainnya yang sering dipakai untuk akses internet adalah di kampus dan dikantor. Disamping menggunakan PC , kita juga bisa mengakses Internet melalui Handphone (HP) menggunakan Fasilitas yang disebut GPRS . GPRS merupakan salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel) yang memiliki kecepatan koneksi 115 kbps dan mendukung aplikasi yang lebih luas (grafis dan multimedia). Teknologi GPRS dapat diakses yang mendukung fasilitas tersebut. Pen-setting-an GPRS pada ponsel Tergantung dari operator (Telkomsel, Indosat, XL, 3) yang digunakan. Biaya akses Internet dihitung melalui besarnya kapasitas (per-kilobite) yang didownload.
Penggunaan Internet di tempat umum
Internet juga semakin banyak digunakan di tempat umum. Beberapa tempat umum yang menyediakan layanan internet termasuk perpustakaan, dan internet cafe / warnet (juga disebutCyber Cafe). Terdapat juga tempat awam yang menyediakan pusat akses internet, sepertiInternet Kiosk, Public access Terminal, dan Telepon web. Terdapat juga toko-toko yang menyediakan akses wi-fi, seperti Wifi-cafe.Pengguna hanya perlu membawa laptop (notebook), atau PDA, yang mempunyai kemampuan wifi untuk mendapatkan akses internet.
Manfaat internet
Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet .Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet:
- Informasi untuk kehidupan pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial.
- Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.
Satu hal yang paling menarik ialah keanggotaan internet tidak mengenal batas negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaat internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu.Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sudah waktunya para profesional Indonesia memanfaatkan jaringan internet dan menjadi bagian dari masyarakat informasi dunia.
Pengertian New Media
Istilah media berasal dari bahasa latin yang merupakan bentuk jamak dari medium. Secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Pengertian umumnya adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi.
Media adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi. Manfaat media adalah: memudahkan sesorang untuk memperoleh sesuatu yang di cari,yang biasanya kita cari langsung dari tempatnya,,kini sudah tidak begitu lagi, kita bisa memesan barang melalui fasilitas internet ataupun menghubungi customer service. dan juga bagi mahasiswa dan pelajar adalah penyampaian materi pembelajaran dapat diseragamkan, proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik, proses pembelajaran menjadi lebih interaktif, efisiensi dalam waktu dan tenaga, meningkatkan kualitas hasil belajar siswa, memungkinkan proses belajar dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, menumbuhkan sikap positif siswa terhadap materi dan proses belajar serta mengubah peran guru ke arah yang lebih positif dan produktif.
Baru, baru adalah seuatu tang dapat menciptakan seuatu inovasi, ataupun perubahan yang dapat melahirkan sesuatu yang sangat diinginkan orang.Perkembangan teknologi komunikasi informasi harus diakui memberikan paradigma baru yang mengubah keseluruhan cara pandang kita tentang berbagai masalah dan persoalan yang ada di muka bumi ini. Perubahan paradigma ini juga memengaruhi media massa, termasuk harian ini. Harus diakui kalau media baru dalam bentuk elektronik yang lalu lalang di jaringan internet adalah sebuah media informasi masa depan. Harus diakui juga kalau media baru ini memiliki footprint yang luar biasa menjangkau berbagai lapisan pembaca dari berbagai kelas, dan akan melampaui jumlah pembaca media tradisional. Media baru ini adalah fenomena masa depan. Akan tetapi, sering kali kita tidak pernah bisa mengerti esensi media baru ini bagi kehidupan kita sehari-hari dan menjadikannya sebagai ajang “debat kusir” yang berkepanjangan. Sering kali orang menganggap kalau Ctrl+F $ (perintah forward melalui aplikasi Outlook) adalah sebuah pekerjaan rutin sehingga tidak lagi terpikir dampak yang bisa ditimbulkan. Apalagi, e-mail yang diteruskan tersebut menuduh individu yang bekerja pada harian ini. Contohnya saja, ada beberapa posting yang justru menyinggung isu pertelevisian. Kelihatannya televisi memang bagian dari media. Namun, sangat tidak tepat untuk memasukkan televisi sebagai bagian dari media baru. Media baru secara sederhana adalah media yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet secara khususnya. Termasuk di dalamnya adalah web, blog, online social network, online forum, dsb yang menggunakan komputer sebagai media-nya. Jadi, sangatlah tidak tepat untuk memasukkan televisi, radio apalagi media cetak sebagai bagian dari media baru. Bagi saya, kesalahan memahami istilah tentu akan membuat kerancuan. Menurut saya, media baru yang apaling popuker adakah media dari internet, karena dari kalangan anak muda jaman sekarang dan kalangan orang dewasabanayak yang sudah memegang telepon sellualar, dan juga sudah banyak yang tau internet.apalagi sekarang tarif internet pun sudah dipangkas lebih murah,tetapi menurut penilaian saya, tarif internet masih saja mahal, bagaimana tidak, ada operator telepon yang mengenai biaya lebih dari 200rb untuk bisa mengakses internet. Seharusnya bisa di pangkas lagi,agar masyarakat bagian bawah juga bisa ikiut menikmati fasilitas internet. Tapi jangan khawatir, warnet pun masih banyak di jumpai
Kesimpulan
Media baru adalah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh dapat Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD. Media baru bukanlah televisi, film, majalah, buku, atau publikasi berbasis kertas.
0 comments:
Posting Komentar